Resep Kue Bingka Banjar Gula Merah

Berburu Kue Khas Kalimantan (2)
Berburu Kue Khas Kalimantan (2) from sutiono-kuliner.blogspot.com

Apa itu Kue Bingka Banjar Gula Merah?

Kue bingka Banjar gula merah adalah salah satu makanan tradisional nusantara yang sudah lama dikenal. Makanan ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini terkenal karena rasa yang khas dan unik. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, santan, dan bumbu-bumbu lainnya. Kue bingka Banjar gula merah memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. Makanan ini sangat populer di seluruh wilayah di Indonesia.

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Kue Bingka Banjar Gula Merah

Untuk membuat kue bingka Banjar gula merah, berikut bahan-bahan yang harus disiapkan: 500 gram tepung beras, 100 gram gula merah, 2 sendok teh garam, 2 kuning telur, 1/2 sendok teh baking powder, 2 sendok makan santan, dan 2-3 sendok makan minyak goreng. Selain itu, bisa juga ditambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti kayu manis, pala, dan lain-lain.

Cara Membuat Kue Bingka Banjar Gula Merah

1. Pertama, campurkan tepung beras, gula merah, garam, dan baking powder dalam mangkuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata. 2. Lalu, masukkan santan dan telur kedalam mangkuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata. 3. Setelah itu, tuang minyak goreng dan campurkan hingga menjadi adonan yang lembut. 4. Lalu, masukkan adonan ke dalam loyang yang telah dialasi dengan kertas roti. 5. Olesi loyang dengan minyak goreng. 6. Tuang adonan kedalam loyang dan ratakan. 7. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 40 menit. 8. Setelah matang, biarkan hingga dingin. 9. Setelah dingin, keluarkan kue bingka dari loyang dan siap disajikan.

Cara Menyajikan Kue Bingka Banjar Gula Merah

Kue bingka Banjar gula merah bisa disajikan dengan banyak cara. Untuk menambah citarasa, kue ini bisa disajikan dengan taburan parutan kelapa. Kue ini juga enak disajikan dengan taburan gula pasir atau gula merah. Kue bingka Banjar gula merah juga bisa disajikan bersama dengan es campur, es krim, atau santan panas. Makanan ini bisa disajikan untuk semua orang, baik anak-anak maupun dewasa.

Keunikan Kue Bingka Banjar Gula Merah

Kue bingka Banjar gula merah memiliki rasa yang unik. Rasa manis gula merah yang khas, ditambah dengan tekstur yang lembut dan gurih, membuat kue ini menjadi sangat disukai oleh banyak orang. Selain itu, kue ini juga cukup mudah untuk dibuat. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, siapa saja bisa membuat kue bingka Banjar gula merah.

Kesimpulan

Kue bingka Banjar gula merah adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Banjarmasin. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, santan, dan bumbu-bumbu lainnya. Kue bingka Banjar gula merah memiliki rasa yang unik dan lezat. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, siapa saja bisa membuat kue bingka Banjar gula merah ini. Jadi, jika Anda ingin mencoba membuat makanan khas Banjar ini, cobalah untuk membuat kue bingka Banjar gula merah.

0 Response to "Resep Kue Bingka Banjar Gula Merah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel